Tuesday, October 07, 2008

My Hyundai Accent Review


Hyundai Accent 1998
Warna silver muda, setelah modif jadi silverstone
1496cc, SOHC, 12valve, CVVT

Accent ini dibeli ayah saya tahun 2003,cash 51jt dari makelar arab^_^.

Dari desain, i love it, untuk tahun 1998, desainnya smooth, sleek, sexy dan stylish. Mungkin ada sedikit pengaruh honda civic genio, dan mitsubishi lancer 1996, tapi secara umum desain accent punya kesan yang hingga sekarang susah di temui di line up terbarunya. Accent Verna masih keren, tapi Accent Vega dan Excel (taxy) desainnya terlalu kaku dan aneh...
Dari mesin, mungkin kesannya low power untuk ukuran mesin 1,5l, tapi ini khan SOHC dan 3valve per silinder, jadi wajar donk, kalo power output cuma 90HP...
Konsumsi bensin lumayan irit, dalam kota bisa 1:11-12, luar kota bisa 1:17-19.
Mesinnya sebenarnya punya potensi untuk dimodif berat, karena ruang kosong di engine bay masih banyak, dan teknologinya yang simpel memberikan banyak daftar performance parts yang diangankan. Rekan saya ada yang ganti air filter jadi yang tipe open filter, kalo ga salah HKS. Tenaganya lumayan melonjak, di putaran atas lebih terasa.
Dari suspensi, sistemnya sudah independen, McPherson strut depan belakang, cukup nyaman baik untuk kecepatan rendah maupun sedang, namun untuk kecepatan tinggi, agak limbung karena sasis yang kurang rigid. Ini bisa diminimalisir dengan menambah strut link bar di roda depan, guna mencegah sliding dan body roll.
Dari interior, cukup simpel, namun untuk saat itu sudah sleek dan modern, untuk saat ini pun sebenarnya masih masuk lah...

Dari audio, standarnya cukup baik, namun pemilik sebelumnya mnambah power kicker amplifier rockford fosgate, dan subwoofer 8' di bagasi, jadi dentuman bass jadi lebih mantabh...

Hingga saat ini sudah 1 x ganti plat kopling, 1 x ganti shockbreaker kanan belakang, karena ngehajar lubang pas mau ke bali :p, 1 x ganti lampu kiri belakang, karena ditabrak motor, 2x ganti handle pintu, karena nyokap maksain buka padahal terkunci :p.
Power window sering bermasalah, karena kaca kiri sudah pernah dipecahin bengkel..T_T
Untungnya, spare parts tersebut murah, bahkan untuk parts tertentu bisa separuh dari parts mobil jepang. Apalagi di pasaran uda banyak parts KW nya.... enak deh.

Beberapa waktu yang lalu, mobil ini hampir saya paksakan untuk dijual dan ganti mobil lain yang lebih muda usianya, karena sudah 10 tahun. Tapi ortu tidak setuju, akhirnya saya putuskan dicat total dan ganti velg, irtu setuju. Biaya cat cukup murah, pake Spies Hecker silverstone cuma habis 5,2jt karena pemilik bengkel catnya mahasiswa bokap gw....^_^

Secara keseluruhan, saya beri nilai 8 dari 10, karena saya sudah merasakan berbagai macam mobil 1,5l terbaru macam Vios, Soluna, City, feel keseluruhan tidak jauh beda dengan mobil berusia 10 tahun ini.

No comments: